-->

Cara Supaya Kita Tahu Lowongan Kerja Penipuan


LOKERPEKANBARU - Mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan bukanlah hal yang mudah dan perlu usaha serta waktu maksimal apalagi jika pencarian kerja anda melalui inernet, tentu ditutut untuk memilih lowongan kerja yang cocok. Di internet tersedia banyak sekali situs penyedia lowongan kerja, namun anda harus berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti penipuan atau informasi palsu.

Lowongan kerja palsu paling banyak ditemukan di banyak situs dan aplikasi lowongan kerja online, baik itu situs lowongan kerja paling umum seperti Jobstreet atau Jobs.id atau yang paling baru seperti topkarir.com bahkan sosial media profesional seperti LinkedIn pun tidak luput dari modus lowongan kerja palsu.

Jadi, bagaimana cara membedakan mana informasi lowongan kerja yang asli dan yang palsu? berikut ulasannya :

1. Perhatikan Informasi Perusahaan
Agar informasi yang didapat terhindar dari lowongan kerja palsu, Anda harus memperhatikan informasi perusahaan dengan cermat. Untuk mengetahuinya, anda bisa menyelidiki alamat serta nomor telepon perusahaan yang tercantum didalam informasi tersebut.

2. Meminta Sejumlah Dana
Sebuah lowongan kerja palsu biasanya akan meminta sejumlah dana kepada calon korbannya dengan alasan sebagai biaya training atau akomodasi dan menjanjikan calon korban biaya tersebut akan diganti nanti ketika diterima dengan sistem reimbursment.

Ada juga yang mengaku biaya tersebut sebagai biaya administrasi untuk meloloskan beberapa dokumen atau uang untuk membayar kurir dan sebagainya. Perlu diingat lowongan kerja yang asli tidak akan meminta biaya sepeserpun pada para pelamar kerja.

3. Hati-hati dengan Panggilan Intervie melalui SMS
Ketika anda mengirimkan surat lamaran, biasanya ada tes lanjutan seperti intervie. Saat ini sudah banyak SMS panggilan kerja yang datang ke mereka yang telah mengirimkan lamaran kerja. Jika anda mendapatkan SMS interview maka jangan langsung percaya karena perusahaan resmi biasanya akan memanggil calon karyawang melalui telepon atau email.

4. Penawaran Gaji yang Tidak Masuk Akal
Salah satu hal paling menonjol dari lowongan kerja palsu adalah penawaran gaji dengan jumlah yang terlalu besar hanya untuk sebuah posisi biasa. Biasanya mereka akan mencantumkan angka sekitar Rp6 – 7 juta untuk posisi seperti staff atau admin dengan persyaratan seperti yang ada pada poin nomor 1. Tentu saja angka ini tidak masuk akal untuk diberikan hanya untuk posisi biasa seperti staff atau admin.

Lowongan kerja palsu adalah sekian dari ratusan modus penipuan lainnya. Untuk itu selalu waspada dan berhati-hati agar terhindar menjadi korban penipuan. Selalu bertanya terlebih dahulu jika mendapatkan email atau sms mencurigakan, selalu konsultasikan terlebih dahulu ke teman atau cari informasi sebenarnya melalui internet.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membedakan manakah informasi lowongan kerja asli atau palsu. Sebenarnya sangat mudah untuk melakukannya, yang penting Anda jeli dan kritis.

LihatTutupKomentar
Cancel

Silakan Komentar :