-->

Tiga Tips Sikap Calon Pelamar Sebelum dan Waktu Interview


LOKERPEKANBARU - Banyak dari kalangan kita cendrung akan grogi dan was was saat interview kerja yang kita lamar, takut takut salah jawab dan berakhir tidak ditrima kerja nantinya. Tenang kawan, berikut ini ada beberapa tips sikap kita diwaktu interview. tips sikap calon pelamar kerja di interview kerja yaitu :

1. Sikap sebelum masuk ke ruangan interview, atur napas agar tidak grogi,jangan terburu-buru, dan ramah dengan orang sekeliling.

Ingat! Jangan gugup dalam melakukan wawancara. Kebanyakan fresh graduate akan gugup menjalani interview, khususnya interview pertaanya. Jika kamu terlihat gemetar karena gugup, kamu akan dinilai sebagai orang dengan mental yang tidak kuat. Trik agar kamu tidak mudah gugup, tetap fokus dan persiapkan diri dengan membaca dan mendengar pengalaman-pengalaman orang lain yang sudah pernah menjalani wawancara.

Satu yang paling penting, gunakan pakaian yang rapih dan sederhana, namun tetap terlihat elegan di mata interviewer. Khusus bagi perempuan, jangan terlihat terlalu menor dan memakai perhiasan yang berlebihan. Peringatan juga bagi para kaum adam untuk merapihkan penampilan rambutnya agar terlihat rapih dan tidak acak-acakan. Jika memiliki rambut yang panjang, cobalah untuk mengikatnya agar terlihat lebih baik.

2. Sikap sebelum interview, ketuklah pintu sebelum masuk ruangan. Usahakan untuk bersalaman dan memperkenalkan diri. Bila belum dipersilakan duduk tunggulah sebentar atau inisiatif bertanya kepada HRD, "Mohon maaf, apakah saya boleh duduk?.

Sikap sopan tentu harus didampingi dengan kesan profesional. Banyak hal yang bisa ditunjukkan seperti cara menjawab pertanyaan dengan sesuai, datang tepat waktu, mencari tahu tentang seluk beluk perusahaan yang akan dilamar, dan lain lain. kemungkinan kamu diterima akan semakin tinggi dengan kesan profesionalmu!

3. Sikap ketika interview, kurangi gerakan tubuh yang tidak penting, seperti memegang hidung,garuk garuk kepala, lihat ke kiri dan
jangan memberi jawaban dengan gugup. Sikap tersebut memperlihatkan seberapa siap kita menghadapi interview.
Tidak kalah penting,sikap tubuh saat melakukan wawancara juga mendukung keberhasilan wawancaramu, lho! Perhatikan sikap dudukmu, jangan terlihat gelisah dan menunukkan ketidakbetahan terhadap wawancara dengan berganti-ganti posisi duduk dan tubuh, bermain-main jari dalam wawancara juga bisa dianggap tidak fokus dalam wawancara. Maka dari itu, tunjukkan sikap tubuh yang tegap, duduk menengadah kedepan untuk menunjukkan antusiasme, dan jaga eye contact untuk menunjukkan sikap percaya diri.

LihatTutupKomentar
Cancel

Silakan Komentar :